...

Potensi Desa

Potensi desa merupakan segala sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang terdapat serta tersimpan di desa. Dimana semua sumber daya tersebut dapat dimanfaatkan bagi kelangsungan dan perkembangan desa.

  1. Sumber Daya Manusia

Sebagai salah satu sumber daya yakni SDM, manusia atau dalam hal ini adalah masyarakat desa akan menjadi sumber tenaga kerja yang mengolah dan memanfaatkan sumber daya alam desanya. Manusia, sebagai sumber tenaga kerja potensisal (potential man power) baik pengolah tanah dan produsen dalam bidang pertanian, maupun tenaga kerja industri di kota.

2. Pertanian

Pertanian merupakan salah satu sektor penting bagi masyarakat khususnya di desa kami, terlebih di tengah kondisi perekonomian masyarakat yang dapat dikatakan masih belum stabil. Ada beberapa potensi pertanian yang ada di Desa Bungkanel yaitu : Tanaman Padi, Tanaman Jagung, Tanaman Kedelai, Tanaman Ubi-ubian, Tanaman Pepaya dan tanaman lainnya.

  Gambar Tanaman Jagung
Gambar Lahan Persawahan
Gambar Tanaman Pepaya
Gambar Tanaman Kopi

3. Peternakan

Masyarakat Desa Bungkanel sendiri sejak dahulu sudah terbiasa dengan beternak. Hewan yang biasa diternak diantaranya adalah : Kambing, Sapi, Kerbau, Kelinci, Bebek, Entog, Angsa dan Ayam

Ternak Kambing
Penetasan Telur Bebek
Ternak Ayam Skala Besar
Ternak Ayam Skala Kecil

4. Perikanan

Beberapa masyarakat desa juga mempunyai beberapa kolam ikan untuk dimanfaatkan sebagai sumber bahan pangan. Terlebih didesa ini sangat mendukung dalam membuat tempat lokam ikan, karena hal ini dialiri saluran air dan irigasi yang tidak kering sepanjang tahun

5. Sumber Daya Air

Air sangat penting bagi makhluk hidup baik hewan maupun tumbuhan. Di desa kami khusunya untuk air masih terbilang cukup adanya. Salah satu contohnya adalah di area Bendungan irigasi Wulung di Desa Bungkanel yang dapat dimanfaatkan untuk mengairi usaha pertanian di desa.

6. Lahan dan Tanah

Potensi Lahan dan Tanah memiliki arti penting untuk pengolahan lahan dan pemanfaatan lahan. Lahan dan tanah ini dapat dimanfaatkan untuk pertanian, perkebunan, maupun untuk peternakan. Lain halnya itu hal ini juga merupakan sumber mata pencaharian, bahan makanan, dan tempat tinggal

7. UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)

Guna meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya dibidang UMKM, Pemerintah Desa memfasilitasinya dengan membangun beberapa Kios dan Pasar Desa yang nantinya dapat dipergunakan oleh masyarakat. dimana kios-kios tersebut nantinya dapat dimanfaatkan oleh Masyarakat pelaku UMKM dengan sistim “Sewa” dan akan dilimpahkan pengelolaannya kepada BUMDes Desa Bungkanel.  Kios dan Pasar Desa ini berada di depan Lapangan Bola Kaki Desa Bungkanel. Lain halnya itu, ada UMKM Produk Roti yang berada dipanggung sari serat beberapa pedagang kecil lainnya.

8. Kerajinan

Desa Bungkanel juga mempunyai Produksi Seni Kerajianan emas dan perak di Semburugul

9. Lapangan Desa Bungkanel

Lapangan ini merupakan faktor yang penting bagi penghidupan dari warga Desa Bungkanel dikarenakan dengan adanya lapangan ini berguna untuk : mengembangkan potensi SDM di wilayah desa khususnya olah raga sepak bola. Adanya  warung di pinggir lapang akan menjadikan sektor perekonomian didaerah tersebut akan berkembang.  Terlebih lagi lapangan ini juga kadang digunakan untuk berbagai permainan olahraga lain maupun adanya lomba.

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.