...

Kegiatan PSN dan PJB oleh Pemerintahan Desa dan Kader Kesehatan Desa Bungkanel

Alhamdulillah tepat hari Selasa kemarin tanggal 05 Juli 2022, telah terlaksana kegiatan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) dan PJB (Pemantauan Jentik Berkala) oleh pihak Pemerintah Desa dan Kader Kesehatan Desa Bungkanel Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga.

Sudah menjadi agenda kedepannya, setiap dua kali dalam sebulan dari pihak pemerintahan desa dan Kader Kesehatan mengadakan program desa ini dalam rangka kesehatan untuk mengantisipasi perkembangan jentik nyamuk dan penularan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Lain halnya itu, dengan adanya program ini dapat menghidari penyakit demam berdarah, cikungunya dan malaria yg disebabkan oleh gigitan nyamuk dan penyakit maupun wabah lainya.

PSN adalah tindakan pemberantasan sarang nyamuk melalui kegiatan menutup, menguras dan memanfaatkan barang bekas yang masih bernilai (yang dikenal dengan istilah 3M). Kegiatan ini menyasar rumah tangga yang rawan jentik dengan melakukan pengecekan ulang terhadap tempat-tempat penampungan air. PSN ini dilakukan dengan kunjungan bergantian setiap RT di Lingkungan Desa Bungkanel dan kali ini kegiatannya dilakukan di sekitar lingkungan RT02/02 serta RT03/02.

Berharap untuk kedepannya, kegiatan ini dapat terus berjalan dengan baik dan rutin dilaksanakan. Mengingat kegiatan ini merupakan kebaikan untuk semua warga masyarakat dan pastinya rumah bebas dari jentik nyamuk Aedes aegypti.

Setelah Kegiatan PSN, kemudian di lanjutkan rapat kordinasi pemdes dan kader Kesehatan. Rapat koordinasi ini membahas terkait evaluasi kegiatan posyandu dan penanganan stunting di desa

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.