...

Kegiatan POSYANDU dan Pemberian Imunisasi pada Balita Desa Bungkanel

Kegiatan posyandu balita adalah merupakan pelayanan kepada balita dan anak dengan melakukan penimbangan agar bisa dipantau pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak. Manfaat posyandu balita ialah memberikan layanan kesehatan anak, imunisasi, pemberian makanan tambahan, dan penyuluhan tentang kesehatan.

Pada kamis (07/07), Kader Posyandu balita kader posyandu lansia bersama KPM (Kader Pembangunan Manusia) dan Bidan desa Bungkanel melakukan kegiatan rutin bulanan yaitu Kegiatan Posyandu dan pemberian Imunisasi pada Balita. Kegiatan Posyandu ini di bagi dalam 4 pos untuk menghindari penumpukan dan antrian yang panjang yang bisa membuat balita dan anak tidak nyaman karena menunggu terlalu lama. Kegiatan posyandu ini dimulai dari Pukul 8 pagi hingga Pukul 11 pagi di Gedung Posyandu Desa Bungkanel. Beberapa kegiatan yang dilakukan pada kegiatan posyandu balita ini antara lain : penimbangan balita, pengukuran tinggi badan dan lingkar kepala, serta ada imunisasi dan penyuluhan gizi.

Kegiatan dimulai dari Para kader posyandu menempati lima (5) meja dengan tugas masing-masing. Ada yang bertugas di meja 1 pendaftaran, di meja 2 pengukuran BB, TB, dan lingkar kepala, di meja 3 pencatatan kartu KMS, di meja 4 penyuluhan gizi dan di meja 5 pelayanan kesehatan . Kader yang lain membantu petugas kesehatan untuk memanggil nama bayi yang akan diperiksa dan memisahkan kartu KMS sesuai dengan umur dan jatah imunisasi. Selain para kader, Bidan Desa juga melaksanakan kegiatan di meja ke 5 yaitu pelayanan imunisasi . ibu-ibu yang akan memeriksakan bayinya menempati tempat duduk yang disediakan untuk menunggu antrian. Kader adalah seorang tenaga sukarela yang direkrut dari, oleh dan untuk masyarakat, yang bertugas membantu kelancaran pelayanan kesehatan

Pelayanan di Meja Pendaftaran

Untuk Kegiatan Penimbangan balita dan anak ini dilakukan tiap bulan di posyandu dan dibagi sesuai jadwal tiap-tiap dusun. Kegiatan ini berguna untuk mengetahui pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik juga. Selain itu, untuk mencegah bayi dari stunting yang merupakan salah satu program pokok Kabupaten Purbalingga.

Pengukuran Tinggi Badan menggunakan Tikar Pertumbuhan
Kegiatan Pengukuran Tinggi Badan
Kegiatan Penimbangan

Kemudian terkait Imunisasi, dari pihak Tenaga medis dari Puskesmas Bungkanel dan dibantu oleh kader posyandu selalu siap memberikan pelayanan terkait imunisasi untuk balita yang sudah terjadwal secara rutin dan berkala serta tercatat di buku KMS. Macam-macam imunisasi yang diberikan di posyandu adalah, BCG untuk mencegah penyakit TBC. DPT untuk mencegah penyakit difteri, pertusis (batuk rejan), tetanus. Polio untuk mencegah penyakit kelumpuhan. Hepatitis B untuk mencegah penyakit hepatitis B (penyakit kuning).

Kegaiatan Imunisasi

Lain halnya itu juga, bagi balita yang terlihat gizinya kurang akan ada penyuluhan tersendiri secara perorangan. Pemberian penyuluhan gizi ini biasanya terkait ASI, status gizi balita, MPASI, Imunisasi, Vitamin A, stimulasi tumbuh kembang anak, diare pada balita.

Kegiatan Penyuluhan Gizi

Alhamdulillah kegiatan Posyandu kali ini berjalan dengan lancar. Semoga dengan adanya kegiatan rutin posyandu bayi dan balita, diharapkan kesehatan bayi dan balita bisa terpantau, dan mendapatkan imunisasi yang sangat berguna sebagai kekebalan bagi bayi dan balita terhadap berbagai penyakit. Sehingga diharapkan akan bisa menurunkan angka kematian bayi khususnya di Desa Cibeureum.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.